5 Cara Instalasi Pipa Inlet Fitting Kolam Renang Mudah

1. Instalasi Inlet Fitting
Instalasi pipa inlet fitting kolam renang mesti berada diluar kontruksi kolam renang itu sendiri. Tidak dianjurkan pun tak dibiarkan pipa berada dalam cor komponen tengah pembesian. Pemipaan harus melintang lurus menembus cor dari samping. Bukan mendatar di dalam komponen cor.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah kalau terjadi kerusakan pipa, sehingga perbaikan tak perlu mengungkap cor / beton kolam renang. Sebaiknya pipa yang diterapkan ber ukuran 1,5” untuk standard kolam renang konvensional.

Berbeda bila kolam renang berukuran besar. Dapat menggunkan pipa 2-3” malahan lebih besar juga dimungkinkan, tergantung dari ukuran dan kapasitas mesin pompa. Klik sini untuk videonya lebih gampang dalam aplikasinya.

f:id:KontraktorKontruksi:20200702220320j:plain

2. Penyambungan Pipa Inlet
Sparing pipa inlet yang telah terpasang. Kemudian dikoneksikan ketiganya lalu tarik pipa ke ruang mesin. Tidak direkomendasikan memasang inlet fitting dipasang pipa masing-masing. Hal ini bertujuan supaya menghemat tempat diruang mesin serta mempermudah penyambungan.

Jikalau keinginaan Anda menyambung supaya gelembung air sama daya dorongan / gelembung yang dihasilkan, Anda bisa menggunakan sistem instalasi header, dengan mengaplikasikan pipa lebih besar.

3. Pembagian Inlet Fitting
Figur: Pada kolam renang semi over flow dengan daya pompa 1hp, panjang kolam renang 12 meter.

Titik inlet dibagi menjadi 3-4 spot, dengan sama “rata ukuran” antar jarak inlet. Mengarah ke gutter kolam renang, supaya kotoran yang terapung terdorong ke balancing tank. Ketinggian spot inlet fitting kurang lebih antara 40cm-50cm dari nol plasa kolam renang.

Pemasangan inlet terlalu dalam akan mengurangi kekuatan semburang / dorongan / kepulan air kolam renang. Sehingga air menonjol tenang dan sepi. Kala ada juga owner yang mengharapkan ada bunyi gemericik air.

f:id:KontraktorKontruksi:20200702220508j:plain

4. Pakai Pipa Aw
Instalasi pipa inlet fitting kolam renang ditaman betul-betul riskan patah. Baik karena pergeseran tanah waktu musim penghujan, ataupun petugas kebun yang sedang mengolah / mengganti rumput mengaplikasikan cangkul. Pengaplikasian pipa aw bertujuan supaya kekuatan pipa bendung tekanan tanah lentur. Serta tak seketika pecah apabila terkena benda keras.

5. Gunakanlah Nozzle Inlet Fitting
Sering kali aku menjumpai ada beberapa kolam yang mengaplikasikan nozzle dengan dop pipa yang telah dilubangi terutama dahulu. Betapa bagusnya Anda membeli inlet fitting yang banyak tersedia di kios online maupun offline.

Agar kolam renang lebih indah. Penerapan doop untuk inlet sejauh yang saya ketahui, tak ada situasi sulit bila lubang doop layak dengan daya pompa.